“Berfikir Global Bertindak Lokal”

Hari itu jempol tangan galau berat alias gaber sekali. Telpon sana telpon sini gak nyambung-nyambung (ya iya lah gak nyambung, gak ada pulsanya). Akhirnya dia duduk sendirian di bawah pohon yang rindang, dinyalakannya sebatang rokok kretek dan dihisapnya dalam-dalam…………………

Huuuuuuuuuuu………………………..

Asap putih mengepul dari mulut dan lubang hidungnya……………..

Dinikmatinya setiap milimeter rokok yang terbakar tersebut secara perlahan, namun tiba-tiba ia teringat sebungkus rokok pemberian saudaranya dari daerah Jawa Timur.

Ya sebungkus rokok yang nyeleneh, lain dari yang lain. Nama rokok kretek ini “Sehat Tentrem” dan “Rokok ini bisa menimbulkan kesehatan”.

“Rokok ini mengandung tembakau kualitas tinggi yang harum dan gurih, dihasilkan para petani bumi nusantara. Dalam rokok ini mengandung formula khusus, untuk menjadikan rokok ini sebagai obat multi fungsi dan dapat menimbulkan stamina secara natural tanpa efek samping”.

Berikut hasil jepretan tangan dinginnya…………..

closeupsehattentremGambar Rokok Sehat Tentrem bagian depan

backclseupsehattentremGambar Rokok Sehat Tentrem bagian belakang

Perhatikan rokok berikut ini, rokok ini sudah terkenal di masyarakat

samsucloseupGambar Rokok Dji Sam Soe bagian depan

 samsubackcloseGambar Rokok Dji Sam Soe bagian belakang

Kedua rokok tersebut asli made in Indonesia, di buat secara manual oleh para pekerja Indonesia. Namun pada bungkus rokok Dji Sam Soe tertulis: “merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin”

Jempol tangan yang tadinya gaber sekarang senyum-senyum sendirian sambil matanya memperhatikan bungkus rokok Sehat Tentrem. Sebuah keberanian melawan arus dunia rokok yang telah dibentuk oleh perusahaan rokok global dunia.

Ya……….. perusahaan rokok global mulai merangsek rokok asli Indonesia (kretek) secara perlahan dan sistematis dengan berbagai macam cara:

  • serangan pertama mengharuskan seluruh rokok menuliskan peringatan: “merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin”  hasil  yang mereka (perusahaan global) inginkan adalah perusahaan rokok kretek dan rokok filter di Indonesia kolaps…….
  • serangan kedua perusahaan rokok kretek dan filter milik warga Indonesia sahamnya mereka beli.
  • serangan ketiga  yaitu setelah mereka menguasai saham perusahaan rokok Indonesia dan masyarakat Indonesia faham ide mereka bahwa “merokok itu merugikan kesehatan”, mereka katakan lagi bahwa “rokok mereka lebih baik daripada rokok kretek karena rokok hasil produksi mereka menggunakan filter (saringan)”.
  • Serangan berikutnya karena sistem penggajian menggunakan sistem mereka (ingat mereka sudah menjadi pemegang saham), maka karyawan yang jumlahnya ribuan secara perlahan mereka kurangi digantikan dengan mesin. Tujuannya agar rupiah yang mengalir ke kantong mereka lebih banyak.

Rupanya produsen rokok Sehat Tentrem mengerti betul main stream yang dibentuk oleh perusahaan rokok global. Kalau perang terbuka dengan perusahaan rokok global maka perusahaan rokok Sehat Tentrem pasti kalah dilihat dari sudut modal dan pengalaman (Dji Sam Soe aja tidak berani). Maka cara yang mereka pilih adalah dengan gerilya…………………………………..

Terlepas dari perseteruan mereka, Jempol tangan sebagai konsumen rokok kretek kini  mengerti bahwa dia dan masyarakat Indonesia dijadikan sebagai objek pemasaran produk-produk mereka, baik rokok kretek maupun rokok filter. Karena pada akhirnya:

 “merokok membunuhmu, tidak merokok membunuhku”

kata produsen rokok

4 responses

    • mas henry…..
      saya bukan produsen rokok tersebut, jadi saya tidak tahu alasannya hanya menuliskan keberanian pabrik rokok tersebut melawan arus……..

  1. Rokok ST untuk indonesia Jaya….
    Terima Kasih artikelnya tentang Rokok ST….
    Rokok ST bukan semata2 untuk membuat arus yang berbeda, akan tetapi Rokok ST adalah salah satu produk dr Syifa’un Technologi ( ST ).
    Harapan Kami orang indonesia yang mencintai tanah air indonesia hendaknya lebih kritis dalam menyingkapi sebuah berita, untuk yang mau tau lebih soal rokok ST ( Sehat Tentrem ) ya cari tau beritanya….oke…
    Salam Cinta Tanah Air Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s